Begini Caranya Agar Pinjol Tidak Sebar Data

agar pinjol tidak sebar data

Seiring perkembangan teknologi, kini semakin banyak munculnya aplikasi pinjaman online yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan uang mendesak. Namun permasalahan yang sering terjadi justru penyebaran data pribadi yang di lakukan oleh beberapa perusahaan pinjaman online ilegal. Hal tersebut biasanya di dasari oleh pengguna yang telat melakukan pembayaran sehingga membuat keresahan.

Selain itu tindakan penyebaran data pribadi merupakan hal yang melanggar aturan hukum terlebih jika perusahaan pinjaman online yang melakukannya belum terdaftar secara resmi di OJK. Oleh karenanya sebelum mengajukan pinjaman online, sebaiknya untuk memilih perusahaan yang sudah resmi terdaftar OJK. Selain itu pastikan juga bahwa data pribadi yang kamu miliki tetap aman dan tidak tersebar.

Untuk meminimalisir terjadinya penyebaran data pribadi, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk menghindari penyebaran data pribadi yang di lakukan oleh perusahaan pinjaman online.

Alasan perusahaan pinjaman online melakukan penyebaran data

Salah satu alasan utama perusahaan pinjaman online melakukan penyebaran data pribadi adalah tunggakan cicilan dari pengguna. Bahkan tidak jarang juga perusahaan pinjaman online melakukan penagihan paksa dan di sertai dengan ancaman melalui WhatsApp. Oleh karenanya jika kamu terlibat pinjaman online di perusahaan ilegal untuk sebaiknya membayar tepat wakktu dan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

BACA JUGA :  Cara Melunasi Shopee Paylater Sekaligus

Agar pinjaman online tidak sebar data

Cara yang bisa kamu lakukan agar perusahaan pinjaman online tidak melakukan penyebaran data yakni berikut ini :

Membayar tagihan sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan

Untuk menghindari pinjaman online yang melakukan penyebaran data, pastikan agar kamu melakukan pembayaran secara tepat waktu sesuai dengan tanggal perjanjian. Hal tersebut di karenakan apabila kamu sudah terjerat pinjaman online terutama jika perusahaan tersebut ilegal, maka resikonya adalah penyebaran data yang di lakukan sepihak saat kamu melakukan keterlambatan pembayaran.

Gunakan perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK

Saat kamu sedang membutuhkan uang mendesak, pinjaman online menjadi alternatif terbaik untuk bisa menyelesaikan masalah yang sedang di alami. Namun sebaiknya untuk kamu mencari pinjaman online resmi yang sudah terdaftar OJK. Dengan begitu setidaknya data yang kamu miliki akan aman dari penyebaran.

Ketahui syarat dan aturan yang berlaku

Jika kamu tidak ingin perusahaan pinjaman online melakukan penyebaran data, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah memahami terlebih dahulu mengenai ketentuan dan aturan yang di berikan oleh perusahaan tersebut. Pastikan bahwa tidak akan ada pihak yang di rugikan termasuk penyebaran data yang akan di lakukan secara sepihak.

Jangan memberikan izin untuk aplikasi mengakses kontak

Menjadi cara ampuh yang bisa kamu praktekkan. Jika kamu harus mendownload aplikasi pinjaman online, di mana biasanya mereka akan meminta izin akses untuk bisa mengakses data tertentu seperti kontak. Sebaiknya sebisa mungkin untuk tidak memberikan izin akses tersebut pada aplikasi pinjaman online yang ingin kamu gunakan. Dengan begitu mereka tidak bisa mengakses kontak dan menyebarkan data.

BACA JUGA :  Cara pinjam uang di Shopee Pinjam

Melaporkan langsung ke OJK

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari perusahaan pinjaman online ilegal yang melakukan penyebaran data adalah dengan melaporkan langsung ke OJK. Hal tersebut di karenakan perusahaan pinjaman online telah melanggar kesepakatan yang telah di buat untuk tidak menyebarkan data pribadi. Kamu bisa melaporkan dengan menghubungi OJK melalui nomor WhatsApp maupun email.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pinjaman online tidak melakukan penyebaran data. Dengan begitu kamu akan terhindar dari rasa malu karena telah menunggak pembayaran pada perusahaan pinjaman online ilegal.***