Dalam bola basket jump ball dilakukan yaitu ketika

tanya jawab

elamat datang di blog kitapandu.com kali ini admin akan menjelasakan pertanyaan Dalam bola basket jump ball dilakukan yaitu ketika ?, oke langsung saja simak ulasan berikut.

Pertanyaan : Dalam bola basket jump ball dilakukan yaitu ketika ?

Jawaban:

Bola basket adalah olahraga yang kompleks, yaitu olahraga yang menggabungkan seluruh tubuh dari atas hingga ke bawah untuk membuat permainan berjalan dengan lancar.Ada beberapa momen ketika wasit menggunakan jump ball dalam permainan bola basket, antara lain:

Kapan Jump ball dilakukan ?

Awal Pertandingan

Permainan Dimulai Permainan bola basket dimulai dengan memperebutkan bola yang disebut jump ball yang dilempar oleh wasit. Sedangkan untuk beberapa kuarter berikutnya, lemparan dilakukan dari bawah ring.

Awal Babak Tambahan Waktu

Pemenang permainan bola basket adalah tim yang paling banyak melakukan tembakan (basket).Namun, jika skor berakhir seri dalam empat kuarter, pemenangnya akan ditentukan melalui perpanjangan waktu. Dikutip dari situs resmi FIBA, perpanjangan waktu berlangsung lima menit hingga ditemukan pemenang.

Held Ball

Held Ball dalam bola basket adalah situasi dalam bola basket di mana dua pemain lawan memegang bola bersama-sama untuk waktu yang lama (lebih dari lima detik) dan kedua pemain memiliki kendali atas bola. Jika terjadi penguasaan bola,  wasit akan menghentikan permainan dan melompati bola atau jump ball.

BACA JUGA :  Lari cepat atau lari jarak pendek biasanya menempuh jarak

Di manakah Posisi Jump Ball Dilakukan?

Untuk memulai permainan dan overtime, bola lompat atau jump Ball dimainkan di tengah-tengah lingkaran bola basket. Wasit melempar bola ke udara di antara dua pemain lawan. Bola yang dilempar oleh wasit dimainkan oleh dua pemain dari masing-masing tim yang berpartisipasi.

Kesimpulannya

Jump Ball dalam permainan bola basket adalah lemparan awal yang dilakukan oleh wasit di tengah lapangan untuk memulai permainan dimana setiap kapten saling berhadapan untuk mendapatkan bola dengan cara melompat dan harus memukul bola kepada rekan setimnya. Meski begitu, jump ball dimainkan tidak hanya di awal permainan, tetapi juga dalam beberapa situasi tertentu.
Jump Ball dalam bola basket diambil pada awal permainan dan dalam berbagai keadaan, seperti saat bola berada dalam penguasaan, saat dua lemparan bebas dilanggar, pada awal setiap kuarter, dll.