Maksud dari pancasila sebagai pembina persatuan dan kesatuan adalah

tanya jawab

Selamat datang di blog kitapandu.com kali ini admin akan menjelasakan pertanyaan Maksud dari pancasila sebagai pembina persatuan dan kesatuan adalah, oke langsung saja simak ulasan berikut.

Pertanyaan : Maksud dari pancasila sebagai pembina persatuan dan kesatuan adalah ?

Jawaban:

Maksud dari Pancasila sebagai Pembina persatuan dan kesatuan artinya ialah bahwa dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila maka kita dapat bersatu di atas segala keberagaman yang ada di Indonesia.

 

Pembahasan : Maksud dari pancasila sebagai pembina persatuan dan kesatuan adalah

Peranan Pancasil menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya sebagai pembangun persatuan dan kesatuan. Dalam konteks ini, Pancasila hadir untuk mempersatukan kebhinekaan negara.

Terdapat nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan sosial. Kelima sila harus dimaknai dan dilaksanakan oleh seluruh bangsa dan warganegara Indonesia.

Arti Pancasila Sebagai Pembina Persatuan dan Kesatuan

Pancasila sebagai pembina persatuan dan kesatuan artinya Pancasila tersusun atas dasar persatuan. Ini bersal dari kondisi Indonesia yang juga disebut sebagai masyarakat majemuk karena terdiri dari beranekaragam macam suku, etnis, budaya, ras, hingga agama.

Tanpa adanya kehadiran Pancasila dan nasionalisme, akan sangat sulit mencari titik temu dari berbagai perbedaan dalam masyarakat indonesia. Apalagi masyarakat Indonesia tersebar luas dari Sabang sampai Merauke.

BACA JUGA :  Teks Prosedur Kompleks

Kita semua tahu bahwa di dalam Pancasila sila ke-tiga yang berbunyi ‘Persatuan Indonesia’.Bangsa Indonesia adalah bangsa yang multikultural yang memiliki banyak kebudayaan, suku dan ras, tapi dengan prinsip persatuan dan kesatuan sesuai sila ketiga Bangsa Indonesia bisa ada hingga saat ini.

Selain itu, sila ketiga Pancasila yaitu “Persatuan Indonesia ” ini  menjadi pedoman bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dalam Sila ini menegaskan bahwa bangsa Indonesia adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Pengamalan Pancasila sila ketiga dalam sehari-hari dapat laksanakan dengan sikap berikut:
  • Cinta Tanah Dengan Air Idonesia.
  • Bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia.
  • Rela berkorban untuk bangsa dan negara Indonesia.
  • Memajukan pergaulan dengan persatuan dan kesatuan bangsa Bhinneka Tunggal Ika.

Itulah bagaimana prinsip persatuan dan kesatuan yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa.