Manfaatkan 4 Sosial Media ini, Agar Bisnis Anda Makin Berkembang

Saat ini masih banyak orang yang mengartikan kata “bisnis” sebagai kegiatan ekonomi yang biasa dilakukan oleh orang kalangan kelas atas. Tetapi jika kita melihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan atau bidang usaha Singkatnya, bisnis adalah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh orang atau badan usaha bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Manfaatkan 4 Sosial Media ini, Agar Bisnis Anda Makin Berkembang

Dalam berbisnis terdapat kegiatan mengenalkan produk kepada konsumen atau biasa disebut promosi. Promosi dapat dilakukan dengan cara offline dan online. Dalam promosi offline, para pelaku usaha akan mengenalkan produk usaha mereka langsung ke pelanggan. Cara nya dengan membuat, membagikan, menyebar atau menempel brosur, flyer, sampling, spanduk usaha yang dapat terlihat langsung oleh mata pelanggan. Sedangkan dalam promosi online, pelaku usaha melakukan kegiatan promosi dengan mengandalkan teknologi elektronik. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pelanggan atau calon pelanggan agar bisa mengetahui info produk yang ingin dibeli dimanapun kapanpun.

Terdapat perbedaan jualan offline dengan online. Hal ini dapat kita lihat dari keefektivitasannya dalam menarik pelanggan. Perbedaan diantara jualan offline dengan online adalah jangkauan pelanggan yang dapat digapai. Untuk toko offline, biasanya pelanggan akan langsung datang ke toko untuk melihat atau membeli produk. Dan toko sendiri biasanya hanya melayani pelanggan yang didaerah atau sekitaran tempat toko berada. Maka dari itu biasanya pelaku usaha akan membagikan brosur kepada calon pelanggan dan menaruh banner di depan toko supaya banyak yang melihat usahanya. Sedangkan untuk toko online sendiri, jangkauannya lebih luas dan tidak terbatas. Selain itu dapat digapai oleh berbagai macam kalangan lokal maupun internasional. Hal ini dikarenakan pelaku usaha dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya ke luar kota hingga luar negeri.

BACA JUGA :  Aplikasi Trading Forex Terbaik Indonesia

Mempromosikan produk atau membuka bisnis secara online merupakan hal biasa yang dilakukan oleh pelaku usaha. Apalagi saat ini Indonesai masih dilanda pandemi Covid-19 yang mana banyak pelanggan atau konsumen yang lebih banyak melakukan aktivitas di media sosial. Selain itu, berjualan secara online dirasa dapat memudahkan dalam berinteraksi dengan pelanggan karena pelanggan tidak perlu repot-repot datang ke toko langsung. Tidak hanya itu, berjualan online pun dapat meningkatkan angka penjualan. Data statistik menerangkan bahwa terdapat 70% penjual mendapatkan konsumen baru maupun pelanggan tetap melalui media sosial.

Facebook

Media sosial yang bisa digunakan untuk berjualan atau berbisnis ada Facebook. Didirikan di tahun 2014 oleh Mark Zuckerberg hingga saat ini popularitas Facebook tidak pernah padam. Menurut data, di tahun 2021 pengguna Facebook telah mencapai kurang lebih 2,85 milliar pengguna. Lewat Facebook, Anda terhubung dengan semua pengguna Facebook dari berbagai belahan dunia dan tentunya juga Anda bisa terhubung dengan teman baru.

Dengan jumlah pengguna mencapai milliaran, Anda bisa manfaatkan dengan mulai berbisnis di Facebook. Menariknya Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk berbisnis di Facebook.

Fitur-fitur di Facebook pun sudah sangat canggih, Anda bisa memasarkan produk Anda lewat status Facebook, Facebook Story, Short Reels, dan melakukan siaran langsung. Anda bisa membuat konten yang menarik sesuai dengan produk yang Anda jual dengan dipadukan teknik copy writing yang tepat untuk menarik calon customer Anda.

Untuk lebih memaksimalkan bisnis Anda, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lain dari Facebook yaitu Facebook Ads. Facebook Ads adalah media untuk promosi atau iklan yang ditujukan untuk seluruh pengguna Facebook atau untuk menjangkau lebih luas target customer. Ada banyak jenis iklan di Facebook di antaranya ada dalam bentuk teks, foto, banner, video, dan lain-lain. Untuk dapat menggunakan Facebook Ads, Anda harus memiliki Facebook Fanspage terlebih dahulu dan membayar sejumlah biaya, biaya untuk beriklan menggunakan Facebook Ads mulai dari Rp 10.000. Dan berikut ini adalah panduan menggunakan Facebook Ads:

  1. Buka Facebook Ads
  2. Pilih Pembuatan Iklan Terpadu
  3. Pilih Tujuan Iklan
  4. Pilih Jenis Iklan Facebook
  5. Tuliskan Nama Iklan dan Tujuan Trafik
  6. Berikan Promo
  7. Tentukan Target Audience
  8. Tentukan Penempatan Iklan
  9. Tentukan jadwal, format, dan deskripsi iklan
  10. Pilih gambar, judul, dan masukkan link terkait produk anda.
BACA JUGA :  Aplikasi Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit

TikTok

Selanjutnya ada TikTok, media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis atau berjualan. Siapa yang tidak tau Tiktok bukan? Hampir semua orang mengetahui aplikasi yang satu ini dan mempunyai aplikasi ini. TikTok dibuat di tahun 2016, meski terbilang “anak baru” aplikasi ini sangat booming di semua kalangan terlebih anak muda. Menurut data hingga juli 2021 pengguna TikTok mencapai 1 milliar dan dipastikan akan terus bertambah.

Sebagai aplikasi yang mengedepankan fitur video, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk meningkat brand awareness bisnis Anda. Anda bisa melakukannya dengan cara membuat video yang berkaitan dengan produk Anda misal seperti video tips & trik, video challenge, maupun video-video lainnya ataupun Anda bisa mengandeng seleb tiktok atau selebgram untuk mempromosikan produk Anda.

Terlebih lagi, kini TikTok sudah disematkan fitur baru yaitu TikTok Shop. Anda bisa membuat akun TikTok Shop untuk meningkatkan omset untuk bisnis Anda. Cara lain, Anda juga bisa memasang iklan TikTok Ads untuk lebih menaikan performa bisnis. Untuk menggunakan TikTok Ads, Anda harus membayar sejumlah uang. Berikut ini cara memasang TikTok Ads:

  1. Buatlah akun TikTok Ads
  2. Buat Campaign TikTok Ads
  3. Pilih Penempatan TikTok Ads, Target, dan details.
  4. Pilih dan tentukan Jadwal dan Anggaran.

Dengan banyaknya fitur iklan, Anda bisa membuat konten bisnis Anda sekreatif mungkin. Dan jika menggunakan TikTok Ads buatlah iklan inovatif, kreatif, dan bagus yang bisa membuat penonton Anda penasaran dan ingin mencoba produk Anda.

BACA JUGA :  Begini Caranya Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi favorit dalam strategi penjualan online. Penjual dapat mem-post foto maupun video selama 1 menit didalam feeds Instagram. Lalu penjual juga bisa mem-post instastory untuk memudahkan pelanggan dalam sesi tanya jawab kepada penjual. Selain itu, penjual juga bisa memasang iklan produk di Instagram. Caranya dengan membuat Fanpage di Facebook terlebih dahulu, lalu pilih Create Ads, kemudian pilih tujuan beriklan dan tentukan target audiens, anggaran, jadwal iklan, terakhir pilih format iklan.

Whatsapp

Dalam aplikasi WhatsApp, penjual dapat mempromosikan produknya melalui WhatsApp status berupa foto maupun video dengan caption. Atau bisa membuat broadcast mengenai produk yang dijual dan dikirim melalui pesan chat personal maupun grup. Selain itu penjual juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp untuk bisnis yang diperuntukkan khusus untuk urusan bisnis. WhatsApp Business biasanya bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam menanyakan info produk atau memutuskan untuk membeli produk via Whatsapp.


Mungkin sekian dahulu artikel dari Manfaatkan 4 Sosial Media ini, Agar Bisnis Anda Makin Berkembang, semoga bisa bermanfaat.
Terimakasih