Panduan Rollback Realme 5 Pro Dari RUI ke ColorOS

Mungkin untuk sebagian banyak pengguna merasakan ketidaknyaman saat berada di OS versi Realme UI. Tentu banyak sekali pro dan kontra akan hal ini, terlebih lagi versi ini baru saja diluncurkan oleh pihak brand.

Panduan Rollback Realme 5 Pro Dari RUI ke ColorOS

Tidak sedikit dari pengguna smartphone Realme dan Oppo yang menantikan kehadiran OS di versi terbaru ini. Bukan hanya karena tampilannya saja yang lebih friendly, namun adanya penambahan fitur-fitur baru yang mampu memudahkan setiap penggunanya juga sudah dinantikan.

Tetapi perlu juga anda ketahui, bahwa jika setiap ada pembaruan entah itu hanya versi OS atau yang lebih kompleks. Tentu hal itu akan merubah juga sistem perangkat, yang mana akan membuat ponsel anda akan terasa lebih berat dibandingkan versi OS yang sebelumnya.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengguna yang mengeluhkan terkait permasalahan ini. Dan berikut ini merupakan Panduan Rollback Realme 5 Pro Dari RUI ke ColorOS sebagai solusi terbaik yang bisa anda terapkan saat ini.

Apa Itu Rollback?

Rollback adalah sebuah operasi mengembalikan database ke keadaan sebelumnya, atau bisa kita artikan sebagai penurunan (Downgrade) versi OS Android pada setiap smartphone. Pada umumnya teknik ini digunakan oleh tukang service apabila mentok tidak menemukan solusi.

BACA JUGA :  iMagz V1.25 Premium Blogger Template All Package

Jadi, jika anda punya permasalahan yang sama dan belum mendapatkan solusinya, silahkan ikuti tutorial berikut tanpa harus mengeluarkan biaya ke tukang service.

Panduan Rollback RUI ke ColorOS

Pada tutorial kali ini admin sudah menyiapkan dua buah metode yang bisa anda gunakan, entah itu keadaan smartphone normal atau mungkin sudah softbrick (Bootloop).

Tested on Realme 5 Pro (RMX1971)
dari Realme UI 2.0 / F.03 ke versi sebelumnya.

Persyaratan dan Bahan

Sebelum melanjutkan ke tutorial, silahkan penuhi persyaratan berikut ini agar proses penerapannya dapat berjalan dengan lancar.

  • Stock Recovery yang sesuai ROM.
  • Free storage diatas 3.5GB
  • Battery diatas 50%
  • Kondisi unrooted dan masih menggunakan stock boot.img
  • Tidak memodifikasi file system / vendor
  • Unduh file ROM (.Ozip) berikut ini. (Pilihlah salah satu StockROM yang ingin digunakan)
    • Rollback RUI 2.0 ke ColorOS A.20
    • Rollback RUI 2.0 ke RUI 1.0 C.14
    • Rollback RUI 2.0 ke RUI 1.0 C.15
  • Pastikan file unduhan tidak “CORRUPTED” saat digunakan.

Flash Melalui File Manager

Metode rollback / downgrade yang pertama ialah menggunakan “Updater” bawaan smartphone, yang mana metode ini hanya bisa dilakukan jika kondisi smartphone normal.

  1. Simpan file unduhan (.Ozip) ke internal storage.
  2. Buka file manager dan klik file (.Ozip) nya hingga muncul sistem pop up update.
  3. Pilih ‘Upgrade Now’
  4. Smartphone akan reboot untuk melakukan upgrade, silahkan tunggu hingga selesai.
BACA JUGA :  Panduan Transfer Akun Google Adsense ke Email Lain

Flash Melalui Stock Recovery

Metode rollback / downgrade yang kedua adalah melalui recovery bawaan bukannya custom! yang mana bisa anda gunakan sekalipun kondisi dari smartphone sedang softbrick.

  1. Simpan file unduhan (.Ozip) ke internal storage.
  2. Tekan dan tahan tombol Power + Vol - untuk booting ke menu recovery.
  3. Pilih bahasa yang akan anda gunakan.
  4. Lalu pilih ‘Install From Storage’ dan pilih lagi file (.Ozip) nya.
  5. Tunggu prosesnya berjalan dan selesai.

Kesimpulan

Segala upaya tindakan entah itu buruk atau baik sekalipun pasti ada dampaknya. Untuk tindakan rollback / downgrade ini sendiri ada dampaknya, yaitu anda tidak akan lagi mendapatkan update otomatis yang artinya jika ingin mengupdate versi OS harus dilakukan secara manual.

Mungkin sekian postingan dari Panduan Rollback Realme 5 Pro Dari RUI ke ColorOS, jika ada salah kata atau mungkin ada penjelasan yang kurang bisa dipahami, silahkan berikan komentar.
Terimakasih